BEASISWA INI KERJASAMA IPB – PT. SMART Tbk.

I. UMUM
  • Formulir ini khusus digunakan untuk pendaftaran mahasiswa baru Program Diploma Institut Pertanian Bogor melalui Jalur Kerjasama antara IPB dengan PT. SMART Tbk.
  • Mengisi formulir yang telah disediakan dan melengkapinya dengan berkas-berkas yang disyaratkan pada butir II Panduan Melamar ini
  • Formulir pendaftaran serta kelengkapannya diserahkan dan langsung melakukan wawancara pada tanggal 8-9 Mei 2012 pada jam kerja (08.00-16.00) dengan lokasi penyerahan :
    1. Wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jabar di PT.SMART Tbk Plaza BII Menara 2 Lt.10, Jl. M.H. Thamrin No.51 Jakarta (HRD)
    2. Wilayah Sumatera, Kalimantan, di Kantor Unit Perkebunan Sinar Mas atau Kantor Perwakilan setempat
    3. Wilayah Jatim, Jateng & DIY tempat penyerahan formulir mengikuti keterangan pada pamflet / poster di wilayah setempat.
  • Bagi peserta yang lulus wawancara, akan dikenakan biaya Rp. 50.000 ,- yang dibayar pada saat mengambil Tanda Bukti Peserta Tes Tulis
II. SYARAT PENDAFTARAN
  1. Pria, Berumur 17 – 22 tahun
  2. Lulusan SMU/SMA IPA atau SPMA (SMK Pertanian)
  3. Mengisi Formulir Pendaftaran
  4. Surat permohonan ditulis tangan dengan tinta hitam untuk diterima dalam program diploma kepada IPB (contoh terlampir) (2 rangkap)
  5. Pernyataan kesediaan ditulis tangan dengan tinta hitam untuk menandatangani perjanjian dan menjalani ikatan dinas setelah lulus kepada perusahaan serta diberi materai
  6. Pas Foto terbaru berwarna ukuran 3×4 (3 lembar) dan 2×3 (3 lembar)
  7. Mengisi informasi pribadi
  8. Fotocopy identitas diri yang sah (KTP/SIM) (2 rangkap)
  9. Fotocopy Rapor SLA, halaman 1 dan nilai semester 1 hingga 6 yang sudah dilegalisasi (2 rangkap)
  10. Fotocopy Ijazah SLA yang sudah dilegalisasi (jika sudah ada) (2 rangkap)
  11. Fotocopy hasil Ujian Akhir Nasional SLA yang sudah dilegalisasi (jika sudah ada) (2 rangkap)
  12. Surat Rekomendasi dari Sekolah (contoh terlampir) (2 rangkap*)
  13. Surat Rekomendasi dari Unit/Perwakilan (contoh terlampir) (2 rangkap*)
  14. Surat Keterangan pemeriksaan kesehatan (contoh terlampir) (2 rangkap*)
  15. Fotocopy Surat Keterangan Berkelakuan Baik dan Bebas Narkoba dari Kepolisian setempat (2 rangkap*)
rangkap * : rangkap boleh berupa fotocopy, tidak harus asli
III. SELEKSI
  • Seleksi didasarkan pada hasil wawancara, tes tulis, prestasi akademik selama di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan hasil medical test
  • Formulir pendaftaran dan berkas lamaran yang masuk akan diikutkan wawancara pada 8-9 Mei 2012.
  • Bagi pendaftar yang lulus wawancara dapat melihat pengumuman dan mengambil Tanda Bukti Peserta Tes tulis pada tanggal 16 Mei 2012 di PT. SMART Tbk Jakarta/Perwakilan/Estate/Sekolah tempat pelaksanaan interview.
  • Informasi tempat pelaksanaan tes tulis tercantum pada Tanda Bukti Peserta tes.
  • Tes tulis akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2012 dengan membawa Tanda Bukti Peserta Tes, pensil 2B, HB dan penghapus
  • Peserta yang dinyatakan lulus seleksi tes tulis, harus mengikuti tes kesehatan pada tanggal 15-16 Juni 2012 di Laboratorium Klinik / Rumah Sakit yang dirujuk oleh PT. SMART Tbk.
IV. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
Pengumuman hasil seleksi diatur sebagai berikut :
  • Wawancara : 16 Mei 2012
  • Tes tulis : 14 Juni 2012
  • Tes kesehatan : 25 Juni 2012
V. REGISTRASI ULANG
Registrasi akan dilakukan di Kantor PT. SMART Tbk Jakarta/Estate/Perwakilan/BKK Sekolah setempat pada 6 Juli 2012 dengan menyerahkan Surat Kesediaan Mengikuti Ikatan Dinas dan koordinasi keberangkatan ke Bogor.

VI. BEASISWA PENDIDIKAN DAN IKATAN DINAS
  • PT. SMART, tbk membayarkan ke IPB seluruh Biaya Operasional Pendidikan yang meliputi Biaya SPP, Biaya non SPP dan Biaya Pengembangan Fasilitas
  • Sinar Mas memberikan bantuan biaya hidup yang meliputi uang saku, bantuan uang makan dan bantuan uang akomodasi yang besar dan cara pemberiannya akan ditetapkan tersendiri
  • Lulusan program diploma diwajibkan menjalani ikatan dinas selama 5 tahun sejak lulus 
Kemarin malem, sesuai permintaan salah satu siswa, aku mencari akreditasi jurusan Kebidanan se-Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Hasilnya cuma satu yang terakreditasi A. Iya, Akademi Kebidanan Yogyakarta adalah  satu-satunya Akbid Terakreditasi A se-Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta! Keren ga tu? Keren banget! Karena penasaran, baru saja aku mencari info tentang Perguruan Tinggi itu.

Setelah googling, aku menemukan alamatnya disini http://www.akbidyo.ac.id/. Ada beberapa hal yang aku cari tahu, pertama apa PT itu negeri atau tidak dan kedua pendaftaran serta biaya-biayanya gimana.

Untuk pertanyaan pertama, jawabnya adalah bukan negeri alias swasta. Gimana pendaftarannya? Nanti aku jelaskan sesuai yang tertulis di situsnya. Soal biaya, di websitenya tidak tertulis, tapi katanya akan diberitahu melalui email.

Berikut ini mekanisme pendaftaranya siapa tahu kamu akan meneruskan sekolah disana :

Akademi Kebidanan Yogyarta menerima Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru TA 2012/2013 pada 1 Februari - 15 Agustus 2012. Pelaksanaan tes/ seleksi calon mahasiswa baru dilaksanakan setiap hari Sabtu minggu ke IV dimulai pada jam 08.00 - selesai (one day service).


PERSYARATAN:

  1. Tinggi badan minimal 150 cm
  2. Menyerahkan fotokopi ijazah terakhir SMU/MAN/SMK Kesehatan (SPK, SMF, SAA) baik IPA, IPS maupun BAHASA yang telah dilegalisir.
  3. Menyerahkan fotokopi akte lahir.
  4. Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter dan tidak cacat.
  5. Membayar uang pendaftaran Rp150.000,-
  6. Mengikuti Uji Tulis, dengan materi: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA Terpadu
  7. Mengikuti Uji Kesehatan dengan biaya Rp. 120.000,-
  8. Mengikuti Psikotes dan Wawancara
  9. Pendaftaran dilayani setiap hari Senin- Sabtu, Pagi pada jam08.00-13.00 dan Sore pada jam 14.00-17.00 WIB.

Singkatnya biaya total untuk pendaftaran adalah Rp. 270.000,-

Calon mahasiswa baru bisa mendaftar secara langsung datang di Kampus Akademi Kebidanan Yogyakarta Jl. Parangtritis Km. 6 Sewon, Yogyakarta atau mendaftar secara online di website AKBIYO. 


PENDAFTAR DENGAN JALUR PRESTASI:

Bagi calon mahasiswa dengan nilai rapor (SLTA) selama lima semester berturut-turut nilai terendah 7 (tujuh) untuk setiap mata pelajaran, tidak buta warna, masuk tanpa uji tulis dan tetap  mengikuti Tes Kesehatan, Psikotes dan Wawancara



Jadi Pendaftarannya ada dua jalur, biasa dan prestasi. Jalur biasa tidak perlu persyaratan nilai rapor minimal 7 (tujuh).


Berikut adalah jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Akbidyo bulan FEBRUARI 2012

No.
HARI, TANGGAL
JAM
TEMPAT
1
Minggu, 5 Februari 2012
08.00 WIB-Selesai
SMAN  1 Ponorogo
2
Minggu, 12 Februari 2012
08.00 WIB-Selesai
SMAN 1 Madiun
3
Minggu, 19 Februari 2012
09.00 WIB-Selesai
SMAN Mengwi 1, Bali
4
Sabtu, 25 Februari 2012
08.00 WIB-Selesai
Kampus Akbidyo,
Jl. Parangtritis Km.6 Sewon Yogyakarta
5
Minggu, 26 Februari 2012
09.00 WIB-Selesai
SMA Panca Setya Sintang, Kalbar

Catatan: Pelaksanaan ujian tanggal 12 Februari 2012 di SMAN 1 Madiun ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.

Kalau pendaftaran secara online bisa langsung kesini  http://akbidyo.ac.id/user/register//title

 Catatan :
Form pendaftaran Anda akan kami terima sebagai email
Mohon data diisi lengkap dan benar
Contact Person : Eka Nur Rahayu, S.SiT, Telp. (0274) 371345
Awalnya Retno Ayu Paramita minta tolong ke aku untuk mengecekkan akreditasi perguruan tinggi dengan jurusan kebidanan, akhirnya aku malah menemukan fkta yang menurut aku mengejutkan. Diantara semua perguruan tinggi di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta, ternyata hanya satu Perguruan Tinggi yang memiliki Akreditasi A, yaitu Akademi Kebidanan Yogyakarta, Yogyakarta. Lainnya B, dan bahkan kebanyakan C! Mengejutkan buat aku. Langsung aja download link dibawah ini untuk mengetahui daftarnya.


Tema: "Inovasi Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Air Untuk Menghadapi Dampak Perubahan Iklim"

Sub tema Lomba Karya Ilmiah pusair:
-Upaya Pemanfaatan Sumber Daya Air yang Berkelanjutan
-Upaya Pelestarian Sumber Daya Air
-Pengendalian Daya Rusak Sumber Daya Air
-Dukungan Generasi Muda dalam Mengelola Sumber Daya Air Berkelanjutan

Peserta:
Siswa SLTA atau sederajat se Indonesia

Syarat Mengikuti Lomba
  • Peserta harus berkelompok, beranggotakan 2(dua) atau 3(tiga) orang
  • Peserta wajib mengumpulkan makalah lengkap dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy
  • Makalah lengkap diterima panitia paling lambat tanggal 17 maret 2012 (cap pos/ekspedisi), sebanyak 2 eksemplar beserta softcopy bentuk CD dg format MS Word
  • Softcopy makalah paling lambat dikirim tanggal 17 maret 2012 melalui email:lombailmiah_pusair2012@yahoo.com
  • Peserta wajib melampirkan fotocopy kartu pelajar dan surat pengantar dari kepala sekolah yang bersangkutan
  • Ketentuan dan keteraangan lbh lanjut dapat dilihat pada website http://www.pusair-pu.go.id/
Pengumuman Hasil Seleksi dan pemenang
  • Makalah yang lolos seleksi akan diumumkan tgl 15 april 2012 melalui website http://www.pusair-pu.go.id/
  • Pemenang akan diumumkan pada acara Kolakium hasil Litbang Pusat Litbang Sumber Daya Air yg di selenggarakn pd 2-3 mei 2012 di pusat litbang sumber daya air dan website http://www.pusair-pu.go.id/

Pendaftaran
:
Makalah/laporan hasil kegiatan ilmiah para peserta dikirimkan langsung kepada:
Panitia Lomba Karya Ilmiah Pusat Litbang Sumber Daya Air Jl. Ir.H.Juanda No. 193 Bandung 40135-jawa barat

Contact Person:
Dyah Chandra, ST., MT (082120844401)
Dra. Rita H.Eddy (082120844402)

Utk format penulisannya bs di download di: http://www.pusair-pu.go.id/images/banners/poster%20lomba.pdf

By: info lomba
twitter: @infolomba_indo
Blog: www.info-lomba.com
Fakultas Teknologi Industri - Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan Kompetisi Artikel Online dengan tema:
"GENERASI MUDA BERKARAKTER DAN BERWAWASAN TEKNOLOGI"
Sub Tema :
1. Pemanfaatan Teknologi dengan Bijak
2. Profesional ICT yang Berwawasan Global
3. Enterpreneur Muda dan Teknologi
4. Impian Teknologi Masa Depan
5. Energi Terbarukan dan Efisiensi Energi
6. Teknologi Hijau (Green Technology)
7. Sub tema lain yang relevan
• Naskah dan persyaratan diterima panitia selambat-lambatnya 11 April 2012 pukul 24.00 WIB
• Pengumuman pemenang: 23 April 2012

Hadiah 1 : 2 Juta +sertifikat
.Hadiah 2 : 1.5 Juta +sertifikat
Hadiah 3 : 1 Juta +sertifikat
(pendaftaran tidak dikenakan biaya)

Informasi detail : kao.akprind.ac.id atau email ke fti_ista@akprind.ac.id