Tips dalam Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

, , No Comments
UN belum dimulai memang, tapi kalian yang sekarang di kelas XII juga harus mulai memikirkan langkah selanjutnya. Akan kuliah dimana kah kalian? Di jurusan apa?

Hal yang seperti itu, bagi beberapa orang, bukan lah hal yang gampang diputuskan. Mungkin itu juga terjadi pada diri kalian.

Ada beberapa hal yang kalian harus pikirkan untuk menentukan kelanjutan studi kalian.

1. Apa yang kalian sukai
Pilih lah jurusan yang kalian sukai, karena itu nantinya akan mempermudah jalan kalian di bangku kuliah. Kalian akan semangat menjalani kuliahmu, dan dengan semangat, sesulit apapun pelajarannya, semua akan terasa lebih mudah.

2. Biaya
Setelah tau apa yang kalian sukai, coba cari tahu biayanya. Tidak hanya tentang biaya pendidikan (SPP per semester dan uang lainnya) tapi juga biaya hidup (makan, kos, dll) di kota tersebut per bulannya. Kalian harus cari tahu itu dan mendiskusikannya dengan orang tua. Hal ini harus dipastikan benar karena kalian tentu tak mau jika nantinya pendidikan kalian harus terputus di tengah jalan.

Oiya tiap jurusan nantinya juga akan membutuhkan lama belajar yang bervariasi. Hal ini juga harus dipikirkan, karena semakin lama kamu belajar, maka semakin banyak biaya yang dibutuhkan.

Jika kira-kira orang tua ragu, tapi kalian semangat, kalian bisa merayu orang tua, misal dengan meyakinkan mreka kalau kalian nanti bisa irit dan akan mencari beasiswa. Kalau kalian sudah mengatakan hal itu, tentunya kalian harus benar-benar melakukannya.

Apabila orang tua tidak mampu membiayaimu di jurusan yang kamu inginkan, maka kamu harus memilih jurusan lain yang lebih mungkin bagi orang tua. Kalau mereka tidak mau sama sekali, mungkin kalian harus mencari solusi lain. Misal kerja terlebih dahulu baru kemudian kuliah.

3. Akreditasi
Nah ini yang sering terlewat, padahal faktor terakhir ini yang terpenting. Mengapa akreditasi itu penting? Karena akreditasilah yang menentukan bagus tidaknya tempat kamu kuliah. Hal itu juga akan menjadi penentu kamu memperoleh ilmu yang baik atau tidak. Mengapa itu penting, bukankah asal punya ijazah sudah cukup? Tidak itu tidak cukup. Ilmu yang kamu dapat nanti yang akan memberimu senjata untuk mencari kerja. Universitas yang ala kadarnya hanya akan memperkecil kesempatanmu dalam mendapatkan pekerjaan.

Intinya, hati-hati dalam memilih tempat kuliah. Berbeda denagan SMA, bagus tidaknya tempat kuliah itu tidak dilihat dari Universitasnya, tapi per Jurusan. Dan perlu diingat bahwa tidak selalu Universitas Negeri lebih baik dari yang swasta. Tidak selalu Univesitas yang punya nama besar kemudian mempunyai akreditasi yang baik pula. Semuanya per jurusan, bukan per Universitas!!

Jikalau bisa maka pilihlah yang ber-akreditasi A. Apabila tidak bisa, maka pilihlah B. Jangan memilih yang C, D, atau bahkan yang tidak terakreditasi.





0 Post a Comment:

Post a Comment