Pak, kenapa nilaiku kok B, bukan A?

, , No Comments
Siang tadi selepas aku membagikan raport aku lihat ada beberapa sms di inboxku. Aku langsung buka kotak pesan masuk itu dan ternyata salah satunya dari muridku. Dia bertanya, "Pak, nilaiku kok B bukan A?"

Menerima pesan dengan pertanyaan seperti itu jujur seneng. Pertama, karena dia kritis, mau bertanya apa yang tidak dia pahami. Kedua, pertanyaan itu secara tidak langsung menunjukkan keinginan dia untuk mendapatkan nilai A. Itu berarti dia mempunyai semangat yang tinggi. Tentu aku bahagia mengetahui ada muridku yang bersemangat seperti itu.

Mungkin saja, selain anak itu, ada diantara kalaian yang bertanya-tanya kenapa nilainya tidak seperti yang dikira. Apapun pertanyaan kalian, feel free to ask. Tanya aja, dan aku akan dengan senang hati menjawabnya.

Kali ini disini aku akan menjelaskan yang ditanyakan salah satu siswaku itu, yang berkaitan dengan nilai afektif. Nilai sikap atau afektif yang aku ambil itu berdasarkan lima indikator, yaitu mengerjakan tugas, jujur dalam mengerjakan tugas/ulangan, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, bertanggung jawab, dan berani bertanya/mengemukakan pendapat.




Untuk indikator yang pertama pasti sudah jelas. Begitu juga dengan tepat waktu mengerjakan tugas dan berani bertanya/mengemukakan pendapat. Untuk poin jujur, disini yang dimaksud jujur bukan saja mencontek atau tidak. Tapi terutama menconteki atau tidak. Bagi aku, dosa dari menconteki itu lebih besar dari mencontek. Jadi, jika kalian bilang, "aku kan tidak mencontek," aku akan bilang, "tidak itu lebih parah."

Nilai itu diambil dalam satu semester. Tidak dalam satu atau dua kesempatan saja. Jadi disini konsistensi kalian sangat dibutuhkan. Berikut ini cara penskorannya:


          Rentang nilai untuk tiap Indikator Sikap adalah 1-5
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = sangat baik 

Jika tiap nilai dijumlah maka total nilai minimalnya adalah 5, sedang total nilai maksimalnya adalah 25. Total nilai itu kemudian jika di-kualitatifkan akan menjadi seperti berikut:
0-5       = E
6-10     = D
11-15   = C
16-20   = B
21-25   = A


Jika kalian sudah paham, sekarang silakan Klik tab Nilai Semester Dua yang ada di atas. Cek nilai kalian, apabila ada pertanyaan silakan langsung bertanya.

Selamat liburan guys. 

Catatan :
Masih gagal, masih ga bisa. Aku nyoba upload daritadi tapi masih gagal. Ga tau kenapa. Besuk saja aku coba lagi. Semoga udah bisa. Maaf buat semua yang nunggu rincian nilai afektifnya.

0 Post a Comment:

Post a Comment