Tak Semua Siswa SMA/MA atau SMK Bisa Mendaftar SNMPTN 2016!!

, , No Comments
SNMPTN akan segera dimulai, rangkaiannya akan diawali dengan pengisian dan verifikasi PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa) 18 Januari ini, kemudian pendaftarannya pada 29 Februari. Nah, dalam SNMPTN tahun 2016 ini ternyata ada yang berbeda. Tak semua siswa kelas XII di SMA/MA, SMK bisa ikut serta dalam SNMPTN.



Syarat-syarat pendaftaran yang tertulis pada situs resmi SNMPTN menyebutkan bahwa hanya siswa yang mempunyai prestasi unggul yang layak berpartisipasi dalam SNMPTN. Siswa SMA/MA atau SMK akan dikatakan unggul jika nilai raport di semester 3, 4 dan 5 berada pada;

  • 75% terbaik di sekolah yang berakreditasi A;
  • 50% terbaik di sekolahnya yang berakreditasi B;
  • 20% terbaik di sekolahnya berakreditasi C;
  • 10% terbaik di sekolah dengan akreditasi lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi dari aturan tersebut:

  1. Persentase siswa terbaik itu berlaku per semester
  2. Jika, misal, sekolah kalian akreditasinya A, dan di semester 3 kalian lolos 75% terbaik sedangkan di semester 5 tidak lolos, maka kalian tak bisa ikut SNMPTN.
  3. Siapapun yang tak bisa ikut SNMPTN bisa mengikuti SBMPTN jika sudah memiliki ijazah (untuk lulusan 2014 dan 2015) atau mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari sekolahnya. 

Jadi apa yang harus dilakukan sekarang? Konsultasi ke pihak sekolah apakah kalian masuk kategori siswa yang memiliki prestasi unggul di sekolah. Tanyakan, secara paralel ada di peringkat berapa kamu di sekolah.

Tetap semangat.

0 Post a Comment:

Post a Comment