Pelajaran Bijak dari Luar Angkasa

, , No Comments
Planet yang kita tinggali ini, Bumi, sudah berjuta-juta tahun ada. Meski kita tinggal di planet ini, tapi kita tidak pernah, atau belum, menjelajahi seisi Bumi ini. Tak usah lah kita berbicara seisi Bumi, mungkin kamu tidak tahu semua daerah di Kecamatanmu, Kabupaten, Provinsi, atau di negara kita. Dunia ini sangatlah luas.

Tapi apakah Bumi kita ini yang paling luas dan yang paling besar? Coba bandingkan dengan planet-planet lain di tata surya kita.



Planet kita kecil banget ya? Sekarang coba bandingkan dengan Matahari kita?


Bagaimana? Planet kita kecil banget atau Matahari kita sangat besar? Keduanya benar ya :) Bagaimana kalau kita bandingkan Matahari kita dengan bintang lainnya? Coba lihat yang berikut ini.


Matahari kita kecil sekali atau Arcturus yang sangat besar? Bahkan Jupiter yang sangat besar pun tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Arcturus. Cuma satu pixel. Bumi pun tidak kelihatan saking kecilnya. Sekarang coba yang berikut ini.


Sudah bisa menemukan Arcturus? Coba bandingkan dengan Antares? Coba sekarang bayangkan perbandingan Bumi kita dengan Antares?

Pendapat kalian dari awal hingga akhir mungkin berubah. Pada awalnya kalian mungkin menganggap Bumi kita sangat besar. Kemudian pendapat itu berubah ketika kalian melihat Jupiter. Opini itu pun segera berubah saat kalian melihat Matahari. Lalu, berubah lagi segera setelah kalian melihat Arcturus. Terakhir berubah lagi setelah mengetahui tentang Antares.

Itulah yang namanya sudut pandang atau persepsi. Kalian merasakan sendiri bahwa sudut pandang kalian berubah. Tapi mengapa sudut pandang kalian berubah? Persepsi kalian berubah karena bertambahnya pengetahan kalian.

Kita sebagai manusia selalu melihat sesuatu sesuai dengan pengetahuan kita. Celakanya, pengetahuan yang sedikit itu tak mencegah kita untuk menilai sesuatu. Kita sering sekali men-judge atau menghakimi seseorang tanpa tahu bagaimana orang itu dan mengapa dia melakukan hal seperti itu. Sering kali pengetahuan kita yang sedikit menyebabkan kita salah paham. Sering kita menilai sesorang, tanpa mengetahui apa yang terjadi pada orang itu.

Ada beberapa hal yang bisa kita tarik sebagai kesimpulan. Pertama, bahwa sesuatu, apapun itu, tak seperti kelihatannya. Terakhir, kita tidak boleh terlalu cepat menarik kesimpulan. Kita harus mengetahui dulu tentang apa, bagaimana,dan mengapa sesuatu itu terjadi.

Bintang di langit pun bisa membuat kita banyak belajar jika kita mau melihat lebih dalam. Bagaimana? Setuju?

0 Post a Comment:

Post a Comment