UN Hari Keempat, Pengawasan Ketiga

, , No Comments
Setelah tahu berapa menit waktu yang harus aku tempuh dari rumah ke SMA 1 Jepon dan jam berapa bel masuk berbunyi, hari ini aku berangkat lebih siang. Enak juga berangkat lebih siang. Santai. Ga terburu-buru. Sedikit berbeda dengan yang kemarin, sampai di sekolah ruang pengawas sudah ramai. Hanya ada beberapa kursiyang belum terisi. Tiga kursi seingatku.


Aku hari ini mengawasi ruang 10, tempatnya anak-anak IPS. Partnerku hari ini guru yang lebih muda dari aku. Katanya baru lulus tahun 2009 kemarin (info yang aku tahu darinya setelah selesai bertugas). Aku tanya dia,

"Aslinipun pundi Mas? Ngasta dateng pundi?" (hahaha..gaya pake bahasa jawa. Entah bener apa ga tu bahasanya)

Dia bilang asalnya Brebes dan mengajar di SMA 1 Blora.

"Lha, mucal punapa?" (ga usah komentar, aku kan berusaha sopan dengan orang yang ga aku kenal)

"Seni musik," katanya.

Itu semua percakapan yang aku lakukan sambil berjalan menuju ruang 10 setelah bel tanda masuk berbunyi.

Selain beberapa hal tadi, hari ini sama seperti yang lain. So, aku langsung saja ke gimana pengawasan hari ini.


Hari ini adalah salah satu hari yang sangat bagus karena aku bisa memastikan anak-anak jujur. Memang tidak 100%, tapi saat anak-anak berusaha berbuat curang, aku bisa mencegah dengan maksimal mereka untuk melakukan hal seperti itu.

Ada, kurang lebih, sembilan anak yang duduk diam tidak melakukan hal-hal yang keterlaluan. Sisanya memang berusaha untuk mencontek, mulai dari melirik LJUN milik temannya (padahal yang kelihatan cuma buletannya!) hingga menoleh dan bertanya. Walaupun begitu, aku mencoba meski mereka bertanya, mereka tidak mendapatkan jawabannya karena yang ditanya sudah aku peringatkan. Entah itu dengan sekedar melihat, tersenyum,atau kode "jangan" dan "tidak boleh" yang aku berikan.

Sekali lagi, usahaku,tentu saja, tak selalu berhasil. ada beberapa anak, pada beberapa kesematan yang tetap bertanya atau memberikan jawaban walau sudah aku ingatkan. Tapi, aku bisa bilang bahwa persentase keberhasilan mereka dalam mencontek hari ini paling besar 30%. Itu maksimal.

FYI, usaha curang itupun baru bisa dilakukan di jam 09.45an. Di jam segitupun masih sulit. Di pukul 09.50an ketika, jumlah anak yang berusaha mencontek semakin banyak aku sedikit kesulitan mengontrol. 10 menit terakhir inilah, sadly, 30% usaha mereka berhasil. Itu semua dilakukan oleh anak-anak yang benar-benar desperate karena tidak bisa sama sekali. Ada tiga anak yang seperti itu.

Secara keseluruhan,aku beri skor 80 untuk kejujuran hari ini. Masih belum yang terbaik, tapi kejujuran "terpaksa" mereka patut diapresiasi.

Sejauh ini, peringkat kejujuran ruang yang aku awasi adalah:
  1. Ruang 05 MAN Blora
  2. Ruang 10 SMA 1 Jepon
  3. Ruang 06 SMA 1 Jepon
  4. Ruang 08 MAN Blora

0 Post a Comment:

Post a Comment