Yang Terakhir [Pengawasan UN]

, , No Comments
Aku tak perlu lagi panjang lebar karena sebagian besar akan sama dengan yang kemarin. Satu yang pasti berbeda adalah tempat aku mengawasi, sekarang di ruang 01, dan partnerku, yang sekarang adalah salah satu guru dari SMA 2 Blora.

Ruang 01 dimana aku bertugas tadi adalah ruangnya anak IPA. Meski IPA dan IPS sama saja, aku pagi tadi merasa bahwa kerjaku akan lebih mudah.

Apakah benar begitu? Tidak juga.

Mengapa? Karena pasangan bertugasku kali ini adalah guru senior. Agak susah kalau aku pengen diem, dan sedikit sungkan juga jika aku terlalu diem. Benar saja, setelah selesai menulis administrasi UN, Ibu guru itu ngajak ngobrol. Of corse, aku juga sesekali menanya balik. Jujur, bukan karena aku pengen ngobrol, tapi untuk kesopanan saja. (aku akan banyak ngomong kalau aku di depan kelas, karena memang aku diharuskan seperti itu. Waktu dan tempatnya tepat.)

Meski begitu, aku juga tak terlalu lama ngobrol, di satu jam terakhir, jam 09.00-10.00, aku malah konsentrasi dalam mengawasi.

Apakah pengawasan hari ini lancar seperti yang aku prediksi? Memang sedikit lebih lancar. Hanya lima anak yang aktif berusaha berbuat curang. Dari lima anak itu, hanya dua anak yang harus dibilangi berkali-kali. Bisa dikatakan hampir semuanya bisa bekerja dengan baik. Tetap ada yang mencoba mencontek, tapi semua bisa dikendalikan.

In short, skor untuk ruang ini adalah delapan. Secara peringkat keseluruhan dari semua orang yang aku awasi, ruang terakhir ini ada di peringkat ke tiga. Mengapa ketiga bukankah skornya sama dengan ruang 10? Karena aku tidak memegang full control dari pertama, masih "terpaksa" ngobrol.

Berikut daftar lengkap dari tiap ruang:
  1. Ruang 05 MAN Blora
  2. Ruang 10 SMA 1 Jepon
  3. Ruang 01 SMA 1 Jepon
  4. Ruang 06 SMA 1 Jepon
  5. Ruang 08 MAN Blora

0 Post a Comment:

Post a Comment