>Pengawasan Hari Kamis, 11 Juni 2009

, , No Comments
>Seperti biasa di jam pertama aku tidak mengawasi. Kali ini aku harus ngurusi Listening Section. Aku harus mastiin Listening yang mana yang harus diputer, coz di dalam CD ada dua Listening, tanpa keterangan yang mana untuk kelas X, yang mana untuk kelas XI. Setelah harus nyari soal ke ruang-ruang, aku kemudian buru-buru ngecek materi LC-nya.

Setelah diputar, aku lalu sempatkan untuk ngecek ke tiap ruang bagaimana keadaan soundnya. Secara keseluruhan suara di tiap ruang bisa didengar, walau volumenya tidak sama. Di satu kelas ada yang terlalu keras, tapi di kelas lain ada yang terlalu pelan. Ada yang cempreng, ada yang ga gitu cempreng (ga ada yang ga cempreng). Keadaan tersebut tentunya memunculkan potensi adanya masalah bagi siswa. Tapi for now tidak ada yang bisa dilakukan, ke depan lebih baik aja.

Anyway, di jam kedua dan ketiga aku ngawasi kembali. Secara berurutan, aku bertugas di ruang 12 dan 01. Sedangkan mapel yang diujikan adalah Penjasorkes dan setelah itu Bahasa Indonesia.

Di ruang 12 aku bertugas bersama Ibu Endang L. mengawasi anak-anak kelas X-6. Seperti hari-hari sebelumnya, jalannya ujian akhir semester berlangsung lancar. Anak-anak bersikap dengan baik, tidak ada yang berbuat curang, ataupun sekedar berusaha berbuat curang. Mereka juga bisa mengerjakan soal-soal yang ada dengan cepat sehingga sebelum waktu yang diberikan berakhir, mereka sudah selesi mengerjakan materi ujian.



Begitu pula yang terjadi di ruang 01, pada siswa-siswi kelas X-1. Mereka semua juga berlaku dengan tertib dan juga jujur. Dari awal tes hingga akhir, tak satu pun anak yang “usreg.” Semua tenang mengerjakan soal-soal di depan mereka. Sangat tenang malah. Berbeda dengan ruang 12, anak-anak ruang 01 benar-benar memanfaatkan waktu hingga saat-saat terakhir. Ketika bel waktu mengerjakan berbunyi, sebagian besar dari mereka baru mengumpulkan lembar jawabnya. Dua anak bahkan masih menyelesikan pekerjaanya.

Singkatnya, hari ini semua berjalan sesuai keinginanku. Inilah anak SMANGA yang aku inginkan, jujur dan bertanggung jawab. Benar-benar educated.

0 Post a Comment:

Post a Comment