Tips Meraih Tujuan dan Mimpimu

, , 2 comments
Kemari kita sudah berbicara sedikit tentang apa yang akan kalian lakukan satu tahun ke depan, di tahun pelajaran 2010/2011. Apa targetmu dan bagaimana rencanamu agar target itu tercapai. Untuk kalian yang sekarang kelas XII, apa yang ingin kamu capai? Apa rencanamu setelah lulus nanti? Pengen kuliah? Atau kerja? Kuliah apa dan kerja apa? Semua itu yang harus kamu rencanakan.

Seperti yang aku bilang kemarin, setiap mimpi yang besar selalu diawali dengan langkah yang kecil. Untuk membuat agar langkah itu bisa mengarahkan kita menuju tujuan, kita perlu rencana. Singkatnya seperti itu.

Berikut ini sedikit tips akan apa yang harus kamu lakukan untuk meraih tujuanmu.

1) Tentukan tujuanmu
Cari tahu apa yang kamu inginkan. Tujuan itu bisa jangka pendek.kisaran waktu satu tahun ke depan, tapi mungkin saja jangka panjang, misal lima tahun kedepan. Tuliskan keinginanmu itu sebanyak-banyaknya. Lalu sisihkan hingga hanya tersisa lima tujuan yang paling kamu anggap penting. Urutkan dari 1 ke lima, dari yang terpenting hingga kurang penting.

2) Buat tujuan itu menjadi menarik dan menyenangkan
Tuliskan hal-hal yang akan kamu lakukan dan rasakan jika tujuanmu itu tercapai. Tuliskan itu satu persatu. Bayangkan bagaimana perasaanmu jika keinginanmu terwujud, tuliskan itu secara mendetail. Kamu bisa juga membuat catatan kecil yang berisi tentang apa-apa yang akan kamu lakukan dan rasakan jika cita-citamu tercapai. Bawa catatan itu kemanapun kamu pergi, sebagai pengingat juga.

3) Perinci tujuanmu
Cita-cita yang tinggi, mimpi yang besar memang bisa menyemangati kita, tapi itu juga bisa mengintimidasi kita. Cegah hal itu terjadi dengan cara membuat tujuan kita jadi terperinci.
Satu persatu, sedikit demi sedikit. Ingatlah pepatah terkenal dari Cina yang menyatakan bahwa perjalanan 1000 mil pun dimulai dari langkah pertama. Langkah awal itu yang harus kamu tuju. Jadi tentukan langkah pertamamu, raih itu, kemudian baru coba raih langkah kedua. Begitu seterusnya. 

Misalnya, jika itu berkaitan dengan nilai, kamu mempunyai target nilai ekonomi mendapatkan 85. Setelah itu buatlah target antara atau step untuk mendapatkan nilai 85 tadi. Jika kamu kesulitan menentukan tujuan antara, maka ambil itu dari nilai ulangan pertama. Apabila nilai ulangan pertamamu mendapat 40, maka target antara yang pertama adalah 50. Kedua, 60. Ketiga,70. Begitu seterusnya. Kamu bisa juga membuat target pertama itu menjadi 45, kemudian 55, dan seterusnya. Intinya, buat target yang bisa kamu capai, jangan terlalu tinggi yang akhirnya malah membebanimu. Ingat, mulai dari langkah kecil.

4) Buat rencana terperinci untuk meraih target
Rencana ini tentu saja untuk yang pertama. Buat daftar langkah yang akan kamu lakukan untuk meraih target itu. Harus belajar berapa jam, dari jam berapa sampai jam berapa, materi apa saja yang harus dikuasai dan lain lainnya. Sekali lagi, buat itu secara mendetail. Buat juga checklist untuk mengontrol diri kamu sendiri tentang apa-apa yang sudah kamu lakukan dan harus kamu lakukan.

5) Konsisten
Lakukan semua rencana yang sudah kamu buat. Sebagus apapun rencana yang sudah ditulis, jika itu tidak kamu lakukan, maka semua akan percuma. Agar selalu semangat, kamu bisa mengingat dan membayangkan apa yang akan kamu peroleh jika tujuanmu tercapai (kembali ke langkah kedua). Selalu semangati dirimu.

Itu beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Tentu saja, semua pada akhirnya nanti tergantung keinginan kalian. Jika kamu sangat menginginkannya dan yakin dapat mencapainya, maka semua itu akan tercapai. Dan tolong dingat, semua langkah itu hanya bisa dilaksanakan jika kalian jujur. Tanpa kejujuran kalian idak akan bisa mengawasi kemajuan langkah yang kamu lakukan.

So, selalu jujur. Karena jujur itu yang terpenting. It's not about win or lose, but about how we play to win.

2 comments: