>Bebal atau Bejat?

, , No Comments
>Di Jawa Pos hari ini, di bagian Radar Bojonegoro, aku membaca tentang seseorang yang ditahan 12x dalam hidupnya. Sebelum kasus yang terakhir ini, dia telah 11x terjerat kasus pidana. Lelaki yang bernama Saijan itu bahkan menghabiskan seperlima umurnya di penjara. For Your information, Saijan ini sudah berusia 60 tahun!

Kasus pertama yang dia lakukan terjadi di tahun 1971, saat dia berusia 22 tahun. Kasus kedua terjadi delapan tahun setelah penahanan pertamanya. Di tahun 1982 dia ditangkap dalam kasus perampokan. Tahun 1988, lelaki ini ditangkap karena pencurian. Tahun berikutnya dia ditahan karena perjudian. Tahun 1994 lagi-lagi dia ditahan karena pencurian. Kasus kedelapan terjadi satu tahun kemudian, juga karena pencurian. Kasus ke-9 dan ke-10 terjadi di tahun 1998-1999. Begitu seterusnya hingga ke-12.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah dia memang bebal atau bejat? Bagaimana bisa orang berkali-kali melakukan kesalahan yang sama? Bagaimana bisa ada seorang yang begitu bodohnya melakukan hal yang seperti itu berkali-kali? Atau itu memang karena memang dia bejat?
What I believe is bahwa semua orang baik. Tidak ada seorangpun yang mau berulangkali masuk penjara. Tak seorangpun. Lalu mengapa dia melakukannya?

0 Post a Comment:

Post a Comment