FLIP Ship: Kapal yang Bisa Berdiri Vertikal

, , No Comments
Kapal aneh yang aku maksudkan bernama R/P FLIP alias Floating Instrument Platform. FLIP adalah sebuah kapal untuk penelitian di lautan terbuka. Kapal ini panjangnya 108 meter dan didesain untuk bisa tegak 90 derajat setinggi 17 meters diatas permukaan laut.



Sejarah
The Marine Physical Laboratory of the Scripps Institution of Oceanography menciptakan FLIP dari dana yang berasal dari Office of Naval Research (Kantor Riset Kelautan).



Kemampuan
Kapal FLIP didesain untuk meneliti ketinggian ombak, temperatur air, dan pengumpulan data metereologi. Kapal ini tidak mempunya baling-baling, jadi dia harus ditarik menuju laut yang kemudia kapal ini akan meluncur dengan sendirinya hingga kecepatan 7–10 knot.


FLIP beratnya 711 ton dan mengangkut lima ktu dan maksimal 11 ilmuwan. Kapal ini mampu beroperasi secara mandiri hingga satu bulan tanpa bantuan suplai. Selain itu FLIP juga mampu beroperasi di berbagai bagian dunia, meski daerah operasi normalnya adalah di pantai barat Amerika Serikat. Markas dari kapal ini adalah di Scripps Nimitz Marine Facility di San Diego, California.




Sumber:

Kaskus.co.id
Wikipedia.org
youtube.com

0 Post a Comment:

Post a Comment