>Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP)

, , No Comments
>Bagi para calon mahasiswa Unpad yang akan mengikuti Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP), tahun ini pendaftaran peserta dilakukan secara online. Dengan sistem online, peserta dapat mendaftar secara dari seluruh pelosok Indonesia. Pendaftaran dimulai pada 8 Februari 2010.

Calon peserta harus membeli PIN (Personal Identification Number) terlebih dahulu di 4 bank yang telah bekerja sama dengan Unpad. Empat bank tersebut yaitu BNI, BTN, BRI dan Bank Jabar Banten. Namun, untuk bank BTN hanya bisa dilakukan untuk wilayah Jabar saja.

"Biaya pembelian PIN untuk formulir S1 adalah Rp 350 ribu, sama seperti tahun lalu," ujar Wenny Widyowati, Kepala UPT Humas Unpad dalam rilis yang diterima detikbandung, Jumat (5/2/2010).

Degan PIN tersebut, calon peserta dapat login ke website SMUP di smup.unpad.ac.id untuk mengisi biodata. Calon peserta diharapkan menyimpan nomor PIN dan struk pembayaran dari bank.

Setelah itu calon peserta harus mencetak biodata dan pernyataan yang tersedia untuk dilengkapi dengan persyaratan lain. Kemudian seluruh persyaratan tersebut dikirimkan ke PO BOX 6776 BDCP Bandung 40141 atau ke Sekretariat SMUP.

"Selanjutnya panitia akan melakukan verifikasi untuk mengecek kelengkapan berkas," tambahnya.

Hasil verifikasi tersebut dapat dicek di website SMUP Unpad. Jika lengkap, maka calon peserta dapat mencetak kartu peserta SMUP 2010 dan berhak mengikuti ujian yang akan dilaksanakan pada Sabtu (24/4/2010).

Program pendaftaran S1 untuk ujian di Bandung dapat mendaftar pada 8 Februari hingga 19 April 2010. Sementara untuk lokasi ujian di luar Bandung dibuka sejak 8 Februari hingga 9 April 2010.

Jalur SMUP dibuka sejak tahun 2006 dengan tujuan memberi peluang lebih luas pada masyarakat yang berminat masuk Unpad. Peminat bisa mencapai 60.000 orang sementara daya tampung melalui jalur SNMPTN hanya sekitar 3.800 kursi saja.

0 Post a Comment:

Post a Comment