Pengumuman PENTING untuk anak kelas XII

, , No Comments
Bagi kamu yang bukan anak kelas XII, tolong sampaikan informasi ini ke anak kelas XII.

Pendaftaran ujian masuk bersama (UMB) perguruan tinggi swasta (PTS) mulai dibuka hari ini (tanggal 11 Februari). Pendaftaran yang akan dibuka hingga 20 Februari itu dilangsungkan secara online. Untuk mendaftar, peserta cukup datang ke BNI dan membayarkan uang pendaftaran Rp 225 ribu. Setelah membayar, mereka mendapatkan PIN yang digunakan untuk mendaftar secara online di situs www.spmb.or.id. Pilih menu UMB PTS dan mulai isi blangko yang disediakan di website. Peserta bisa memilih PTS mana saja yang diminati.

Jika sudah mengisi semua data dan pilihan di blangko, akan ditampilkan kartu peserta UMB PTS. Kartu tersebut langsung menunjukkan nomor peserta serta jadwal dan tempat ujian. Kartu itu bisa dicetak langsung, lalu dibawa saat ujian berlangsung. Seperti pernah diberitakan, UMB PTS juga dilakukan secara paperless. Peserta yang datang langsung menghadap komputer dan soal-soal tampil di monitor untuk dikerjakan.

O iya, for your information, kemungkinan pendaftar UMB ini akan sedikit, karena kebanyakan siswa kelas XII sedang mempersiapkan Ujian NAsional. Selain itu, tidak banyak juga yang tahu tentang UMB ini. So, ini kesempatan bagi kalian.

UMB PTN

Sementara itu, siswa yang berminat mengikuti UMB PTN bisa mulai membayar pada 22 Februari hingga 22 Mei mendatang. Ada 123 PTN yang ikut dalam jaringan UMB PTN. Sama dengan UMB PTS, pembayaran dilakukan di BNI. Besarannya, IPA dan IPS Rp 200 ribu, sedangkan IPC (IPA dan IPS) Rp 225 ribu.

Mekanisme pendaftarannya sama dengan UMB PTS. Yaitu, dilakukan secara online di situs yang sama. Hanya, pilihan halamannya UMB PTN, bukan UMB PTS. Pendaftaran dibuka pada 12 April sampai 20 Mei nanti. Lalu, ujian akan dilangsungkan pada 22 Mei. Peserta yang lolos diumumkan pada 8 Juni nanti. Berbeda dengan UMB PTS, UMB PTN menggunakan kertas, bukan online.

Untuk keterangan lebih jelas klik aja link ini.

Sementara itu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2010 akan dilaunching pada Senin, 15 Februari 2010 di Makassar. Kamu bisa ikuti infonya di website resmi SNMPTN atau di blog ini.

Sumber: Jawa Pos

0 Post a Comment:

Post a Comment