Anak SMA N 1 Ngawen di Universitas Indonesia [Pendaftaran UI]

, , No Comments

Anak SMA Ngawen ada yang keterima di Universitas Indonesia tidak? Gimana? Ga tau? Ga ada? Bener ga ada?

Menurutmu kenapa ga ada? Kalian mungkin bisa memberikan berbagai macam alasan, mulai karena jauh, ga ada biaya, sampai alasan karena anak-anak SMA Ngawen goblok-goblok (ne alasan yang paling aku benci! Kalian pintar for God sake).

Kamu tahu, semua jawaban kalian salah. Anak SMA Ngawen belum ada yang di UI karena tidak ada yang mendaftar disana!! Sederhana sekali.

Gimana bisa keterima kalau daftar aja tidak. Bagaimana mungkin kuliah disana kalau sekedar daftar aja tidak berani.

Daftar dulu, persiapkan diri sebaik-baiknya, pakailah strategi yang baik (juga fair alias jujur) dan setelah itu biar Tuhan yang menentukan.

Jika Ibumu didiagnosis terkena kanker stadium IV (yang tingkat kesembuhannya sangat kecil, kalau tidak bisa dibilang tidak ada), apa yang akan kalian lakukan??
Membiarkan ibumu meregang nyawa atau mencarikan obat meski kamu tahu kemungkinannya sangat kecil, meski kamu tahu akan gagal?
Mana yang akan kamu pilih?

Yang kedua bukan?!

Nah itu pula yang harus kamu lakukan saat memilih Perguruan Tinggi. Coba dan belajarlah! Tapi jangan daftar saja tanpa belajar. Percuma!!

Ikhtiarnya adalah belajar dan kemudian daftar.

Siapkan senjatanya. Beli buku atau pinjam ga masalah. Setelah itu belajarlah memakai senjata itu. Baca bukunya.

Keajaiban tidak menunggu kamu guys. Keajaiban harus kamu cari, kamu ciptakan. Kejar itu.

Tentang SIMAK UI

Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi(D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Magister dan Doktor. Ujian dilakukan serentak.

Bagi siswa/i yang berasal SMA (Sekolah Menengah Atas) yang sudah mendapatkan sertifikasi A Level atau sudah mendapatkan surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional dapat mengikuti SIMAK UI tanpa harus mengikuti UAN (Ujian Akhir Nasional).

Biaya Pendaftaran

* Biaya 2 pilihan pertama IPA atau IPS (boleh antar program pendidikan S1 Reg, S1 Paralel dan Vokasi) sebesar Rp 200.000
* Setiap pilihan berikutnya Rp 50.000
* Jika ujiannya IPC ditambah Rp 50.000
* Jika mengikuti ujian KKI ditambah Rp 500.000

Panduan Pendaftaran
Prosedur Pendaftaran


1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI.
2. Setelah login, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran. Nama peserta diisikan tanpa gelar akademik atau sebutan profesi.
3. Selanjutnya peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran 4x6 cm.
4. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui:
* ATM / Teller Bank BNI
* ATM atau Internet Banking Bank Permata
* ATM Bank Niaga
* ATM Bank Bukopin
* Teller Bank BTN
* ATM Bank Mandiri
5. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
6. Khusus untuk pendaftar yang memilih program S1 Kelas Internasional: meng-upload hasil scan sertifikasi TOEFL/IELTS yang dibuat 1 tahun terakhir dalam format PDF pada periode upload dokumen persyaratan (lihat jadwal kegiatan).
7. Mengikuti ujian saringan sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
8. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.


Apakah kamu siap menjadi anak SMA Ngawen pertama yang diterima di UI??

Untuk informasi tentang pendaftaran SIMAK UI lebih lanjut kamu bisa klik link ini http://penerimaan.ui.ac.id/id

0 Post a Comment:

Post a Comment