>Ngembaliin File yang di-hidden Virus

, , 1 comment
>Beberapa hari yang lalu aku sempet kebingungan coz data-data yang di flashdiskku hilang! Celaka benar. Waktu itu pas aku di skul aku mo nge-print soal ulangan. Saat printer tak colokin ke laptop aku baru sadar kalau software printernya kehapus! Karena waktunya sempit, tidak akan cukup untuk nginstall driver printer, aku kemudian mikir,

"ah...pake flashdisk aja."

Langsung aja file yang ada di notebook aku copy ke flashdiskku, setelah itu langsung aku paste ke komputer untuk di-print.

Kalian mungkin mikir kok ribet banget seh?! Ada alasannya kenapa kamu mau ribet-ribet kayak gitu. Dulu banget aku punya pengalaman buruk dengan komputer sekolah, dengan virusnya terutama.

Pertama, waktu itu di awal tahun ajaran ada kerjaan untuk buat perangkat KBM. Karena memang sudah menjadi tugasku ya aku siapin itu semua. Saat itu aku nyiapin tugasku di salah satu komputer sekolah. Intinya setelah hampir selesai, ketikan itu malah hilang karena virus. Dan itu ga terjadi cuma sekali, tapi tiga kali!

Kedua, laptopku harus di-install ulang gara-gra virus dari komputer sekolah. Ceritanya setelah peristiwa yang pertama itu aku kemudian beli laptop. Di laptoku aku install antivirus AVG yang aku update tiap hari (ga mau kena virus lagi ceritanya!). Karena rajin update aku jadi ga takut lagi kena virus. Satu waktu, aku tancepin flashdiskku ke konputer sekolah untuk nyalin data yang ada disitu. Sekitar jam 4-an, pas sudah ada di rumah, aku pindah data di flashdisk itu ke laptop. Tak lupa, aku scan dulu flashdisk itu. Dalam proses pemindaian itu flashdiskku dinyatakan bersih. Tapi malam harinya, ketika aku ingin ngetik, laptopku malah shut down-shut down sendiri. Singkatnya komputerku kena virus dari komputer sekolah! Ya sudah akhirnya aku harus install ulang notebookku itu.

sejak saat itu aku benar-benar kapok memakai komputer sekolah. Sebagai solusinya agar laptopku ga terkontaminasi virus lagi, aku tidak pernah nancepin flashdisk disana. Aku kemudian nge-install driver printer yang ada di skul, jadi kalo aku mo nge-print aku tinggal nyolokin ke laptopku. Aman dari virus dan praktis.

Hingga kemarin, aku ga sengaja ngehapus software printer, so hasilnya aku ga bisa ngeprint. Karena dikejar waktu, akhirnya aku nyolokin flashdisk lagi dan akhirnya kena virus lagi.

Pada awalnya tak pikir fileku kehapus, tapi ketika tak cek lagi, walau data yang tersisa pada flashdisk 4G-ku cuma sedikit tapi ketika aku lihat memori yang kepakai ada 3G. Padahal file yang ada ketika aku lihat besarnya hanya 1,5G. Kesimpulannya, fileku di-hidden ma virus.

Karena aku ga tau cara ngembaliinnya, aku kemudian googling nyari tau gimana caranya ngembaliin file dan akhirnya ketemu. Aku tau caranya dari situs http://ebsoft.web.id/2007/05/02/files-dan-folder-disembunyikan-virus/
Caeanya dengan:

1. Buka Command Prompt ( All Programs > Accessories > Command Prompt )
Setelah membuka window Command Prompt, biasanya akan tampil seperti berikut :

C:\Documents and Settings\nama_user

2. Kemudian ketik saja sebagai berikut

CD..

dan tekan enter. Ulangi lagi sampai tampil drive-nya saja, misalnya

C:\>

3. Selanjutnya, dicari dimana file/folder tersebut disembunyikan.
Jika di drive E:, maka ketik saja perintah berikut :

C:\>E: kemudian tekan enter, sehingga akan tampil E:\>

4. Setelah itu ketik perintah seperti diatas ATTRIB *.* -S -H -R /S /D
yang berarti semua file dan folder di drive E: yang disembunyikan akan ditampilkan.


Jika yang di-hidden hanya folder tertentu, misalnya di folder D:\Data\Skripsi. Maka langkahnya sebagai berikut :

1. Ubah lokasi Command prompt ke drive D, dengan mengetikkan perintah D:

2. Untuk menuju lokasi D:\Data\Skripsi, maka ketikkan perintah sebagai berikut :
CD Data\Skripsi

3. Kemudian baru ditulis perintah ATTRIB *.* -S -H -R /S /D


Dengan cara itu fileku yang disembunyiin langsung muncul kembali. Seneng rasanya!

1 comment:

  1. >wah, sangat membantu saya, mas!!! terimakasih banyakk!!!

    ReplyDelete