>Job Vacancy Analysis

, , No Comments
>Beberapa waktu yang lalu, anak-anak kelas XI Sosial yang aku ajar melakukan job vacancy analysis.
Aku minta membentuk kelompok yang maskimal terdiri dari 5 anak. Kemudian, mereka membawa koran hari sabtu. Setelah itu yang harus mereka lakukan adalah:
  1. Menghitung jumlah lowongan pekerjaan yang ada di koran itu (bukan iklan lowongan yang dari iklan baris).
  2. Menghitung jenis-jenis pendidikan yang dibutuhkan untuk tiap lowongan. Misal SMP ada berapa lowongan? SMA berapa, D1 berapa, D3 berapa, S1 berapa, dst.
  3. Setelah rincian tiap jenis pendidikan didapat, Siswa harus merinci jurusan yang dibutuhkan. Misal, dari total D1 yang berjumlah 3, jika dirinci maka 2 lowongan membutuhkan D1 komputer, sedang 1 D1 akuntansi.
  4. Menganalisa jenis-jenis pekerjaan yang ditawarkan untuk tiap-tiap tingkatan pendidikan.
  5. Menganalisa persamaan dan perbedaan persyaratan yang dibutuhkan untuk jenis pekerjaan yang sama.
Analisa yang mereka lakukan itu bertujuan untuk:
  1. Mengetahui pekerjaan apa saja yang ditawarkan.
  2. Mengetahui kemampuan apa saja yang perlu dipelajari untuk masuk ke dunia kerja.
  3. Tingkat atau jenis pendidikan apa saja yang paling banyak dicari oleh pemberi kerja (perusahaan).
Jika semua itu telah diketahui, diharapkan hal itu akan membantu siswa-siswi dalam mempersiapkan diri mengahadapi masa depan mereka secara umum, dan secara khusus membantu mereka dalam memilih jurusan jika mereka kuliah nanti.

Di minggu ini analisis telah mereka lakukan. walau tidak seperti yang saya harapkan, tidak semua kelompok membawa koran yang diperlukan. Oleh karena itu aku meminta mereka untuk keluar kelas, dan menganalisa lowongan pekerjaan secara individu.

Bagi kelompok yang tak lupa membawa koran, job vacancy analysis adalah tugas kelompok. Mereka juga mengerjakan tugas mereka dengan baik. Tiap anggota kelompok berbagi tugas dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Sesekali mereka bertanya, tapi bisa dibilang semua berlangsung lancar.

Foto di samping diambil dari kelas XI Sosial 3. Diantara semua kelompok yang ada, hanya dua grup yang membawa koran. Sebagai hasilnya kelas terlihat sepi.


Hal yang hampir sama terjadi di kelas XI Sosial 4. Hanya dua kelompok yang membawa koran. Konsekuensinya, yang tidak membawa harus keluar kelas, seperti terlihat di bawah ini. Jika kalian perhatikan, hampir semua anak tidak berani memperlihatkan wajah mereka. Malu sepertinya.


Ketika jam pelajaran hampir berakhir, rata-rata setiap kelompok sampai di langkah ke-4 atau hampir selesai. Karena Jam tidak mencukupi, akhirnya tugas tersebut aku minta untuk dilanjutkan di rumah.

Langkah selanjutnya setelah job vacancy analysis selesai, mereka aku minta untuk membuat lamaran pekerjaan dan curriculum vitae dalam bahasa Inggris. Tentu saja sebelumnya aku jelaskan dan beri contoh terlebih dahulu.

0 Post a Comment:

Post a Comment